Rabu

sejarah perusahaan KERIPIK TEMPE ANEKA RASA BU NOER


KERIPIK TEMPE ANEKA RASA BU NOER, mulai dirintis sekitar tahun 1993, sesuai dengan di Jl. Ciliwung II/2 Malang. Keripik tempe menjadi salah satu alternatif usaha. Hal ini disebabkan karena istri M. Noer mempunyai keahlian dalam bidang tersebut (Bumbu Rempeyek yang Menjelma Menjadi Rupiah, KOMPAS:2004).
Selain itu, beliau mempunyai keyakinan bahwa usaha keripik tempe ini akan berkembang, karena salah satu makanan khas kota Malang adalah tempe (From Kota Malang with Keripik Tempe, KOMPAS:2005).
Tidak berlangsung lama setelah merintis usaha ini, salah satu anggota keluarga mempunyai ide untuk membuat keripik tempe dengan aneka rasa. Meskipun hanya sebuah tempe yang merupakan makanan kaum pinggiran (Siapa Suruh Bermental Tempe, KOMPAS:2001), apabila diolah dengan baik dan penuh kreatifitas akan dapat menghasilkan rasa yang enak dan lain daripada yang lain, inilah yang mendasari ide penciptaan keripik tempe aneka rasa. Yang pada saat itu, umumnya keripik tempe hanya menggunakan bumbu tradisional. Sehingga produk keripik tempe aneka rasa yang kami ciptakan merupakan pelopor, yang pada saat ini banyak ditiru oleh pengusaha yang lainnya.
Dimulai dari rasa keju (seasoning), hingga sampai dengan saat ini telah berhasil menciptakan rasa-rasa yang lain, yaitu : Original, Keju (Cheese), Daging Panggang (Barbeque), Sambal Balado, Ayam Bawang, Udang, Pedas, Pizza, Burger, Spaghetti, Kebab, Rumput Laut (Seaweed), Jagung Bakar Manis (Sweet Roasted Corn), Jagung Bakar Pedas (Hot Roasted Corn), Jagung Bakar Coklat (Chocolate Roasted Corn), Bakso Malang, Ngo Hiong, dll. Berkat inovasi yang diciptakannya, usaha ini mengalami perkembangan yang pesat. (Bu Noer dan Inovasi Keripik Tempe, KOMPAS:2003).
Dari waktu ke waktu, produk yang kami hasilkan tidak hanya keripik tempe aneka rasa saja. Dengan berpegang pada motto “Produk Tradisional, Cita Rasa Internasional” (Tradisional Rasa Internasional, Malang Pagi:2006), maka produk yang dihasilkan kian beragam, antara lain : Aneka keripik buah, nangka, apel, semangka, melon, mangga manalagi, salak pondoh, pepaya, nanas, lengkeng, rambutan, jambu, belimbing, naga (Keripik Buah Naga ala Bu Noer, Koran Pendidikan:2007). Keripik aneka rasa lainnya seperti, singkong aneka rasa, kentang aneka rasa, talas aneka rasa, marning jagung aneka rasa, sambal goreng tempe bumbu original, bali, gule, kare, sambal goreng kentang bumbu balado teri, balado bakso, balado sosis.
Inovasi yang dilakukan pada tahun 2006, adalah menciptakan aneka kue & roti aneka rasa dengan mempadukan dengan bumbu seasoning. Dimana, umumnya kombinasi kue & roti adalah dengan menggunakan essence (perasa cair). Produk yang dihasilkan hingga saat ini adalah pia aneka rasa (pia barbeque, pia pizza, dll), brownies tempe, pie temple(tempe&apple), (Sisi Lain, Trans TV:2007). Produk tersebut akan bertambah seiring dengan permintaan konsumen (Keripik Tempe dan Kue Aneka Rasa Bu Noer, Jawa Pos:2006). Untuk keripik tempe, juga dilakukan inovasi dengan membuat keripik tempe dengan bumbu aneka daun(mint, petersely, kemangi, kucai, daun jeruk, daun bawang, dll), hal ini merupakan inovasi yang pertama, sebab dari dulu keripik tempe umumnya hanya menggunakan daun jeruk/jeruk purut (Reportase, Trans TV:2007).
Oleh karena dengan beragamnya produk yang tersedia di tempat kami, maka usaha kami menjadi salah satu tempat tujuan pariwisata khususnya bagi warga luar kota yang ingin mencari oleh-oleh makanan khas dari kota Malang (Jalan-jalan ke kota Malang, Tak Cuma Bakso yang Patut di Coba, SAJI:2004). Karena semua produk, sampai dengan keripik buah & aneka kue diproduksi di tempat kami, tidak sekedar berjualan saja, sehingga konsumen bisa melihat proses produksi secara langsung.
Inovasi tidak hanya sebatas produk saja, tetapi juga merambah ke sektor pemasaran (Perbaiki produksi & pemasaran, Istri menteri pertanian kunjungi kripik tempe BU NOER, MALANG POST:2007). Inovasi di bidang pemasaran adalah dengan meluncurkan armada “MOLEH” (Mobile Oleh-oleh) dengan menggunakan sepeda motor roda tiga yang unik. Hal ini ditujukan untuk melayani konsumen dengan sistem delivery, yang kebanyakan digunakan oleh konsumen yang sedang menginap di hotel karena mereka tidak sempat mampir ke outlet (Khusus Hotel disediakan Moleh, MALANG POST:2008)

KETERANGAN TAMBAHAN :


Sudah lama sekali saya mencari foto ini. Ini adalah foto kegiatan seminar "Sosialisasi HKI bagi UKM yang diselenggarakan