Jumat

produk : Keripik Tempe Aneka Daun

KERIPIK TEMPE ANEKA DAUN, adalah keripik tempe yang dibuat dengan bumbu daun-daunan yang mempunyai aroma/rasa yang khas(daun kemangi, daun mint dll). Karena selama ini keripik tempe hanya menggunakan daun jeruk purut sebagai bumbunya.

Dikemas dalam 3 varian yaitu kemasan plastik, karton dan aluminium foil.

1) KERIPIK TEMPE ANEKA DAUN, kemasan plastik, berat 150 gram, expired 3 bulan, harga Rp 5.500,-

2) KERIPIK TEMPE ANEKA DAUN, kemasan karton(dos), berat 150 gram, expired 3 bulan, harga Rp 6.000,- (selisih Rp 500,- dari kemasan plastik, karena beda material packing, kualitas barang sama)

3) KERIPIK TEMPE ANEKA DAUN, kemasan aluminium foil, berat 150 gram, expired 1 tahun, harga Rp 6.000,- (selisih Rp 500,- dari kemasan plastik, karena beda material packing, kualitas barang sama)

KERIPIK TEMPE ANEKA DAUN, saat ini terdiri dari :
- Daun bawang
- Daun jeruk purut
- Daun kemangi
- Daun ketumbar
- Daun kucai
- Daun mint
- Daun pandan
- Daun petersely/parsley
- Daun prey
- Daun salam
- Daun seledri

produk : Keripik Tempe Aneka Rasa


KERIPIK TEMPE ANEKA RASA, dibuat dengan menambahkan bumbu tabur/seasoning powder (keju, barbeque, dll) ataupun dengan mencampur bahan-bahan natural lainnya (udang, ayam, dll).

Dikemas dalam 3 varian yaitu kemasan plastik, karton dan aluminium foil.

1) KERIPIK TEMPE ANEKA RASA, kemasan plastik, berat 150 gram, expired 3 bulan, harga Rp 6.900,-

2) KERIPIK TEMPE ANEKA RASA, kemasan karton(dos), berat 150 gram, expired 3 bulan, harga Rp 7.400,- (selisih Rp. 500 dari kemasan plastik karena beda material packing, kualitas barang sama)

3) KERIPIK TEMPE ANEKA RASA, kemasan aluminium foil, berat 150 gram, expired 1 tahun, harga Rp. 7.400,- (selisih Rp. 500 dari kemasan plastik karena beda material packing, kualitas barang sama)

KERIPIK TEMPE ANEKA RASA, saat ini terdiri dari rasa :
- Ayam bawang
- Bakso malang
- Balado (pedas & manis)
- Barbeque (daging panggang)
- Black pepper steak (stik lada hitam)
- Burger
- Cheese (keju)
- Kebab
- Ngo hiong (rempah cina)
- Pedas
- Pizza
- Seaweed (rumput laut)
- Spaghetti
- Sweet roasted corn (jagung bakar manis)
- Udang

Rabu

penjelasan tentang inovasi produk yang kami lakukan


http://www.youtube.com/watch?v=s6pfB0v2HgM

KERIPIK TEMPE ANEKA DAUN "BU NOER" varian baru setelah KERIPIK TEMPE ANEKA RASA


http://www.youtube.com/watch?v=C2azOZ2vyqg

KERIPIK TEMPE ANEKA DAUN, kami ciptakan dengan latar belakang sebagai berikut :

1) Pada saat itu di kota Malang terjadi booming keripik tempe aneka rasa yang menggunakan bumbu tabur(seasoning powder), sehingga kami sebagai pelopor keripik tempe aneka rasa (tidak semua keripik tempe aneka rasa BU NOER menggunakan seasoning), perlu melakukan inovasi lagi dalam bidang ini, supaya ada perbedan dengan unit usaha lainnya.

2) Keripik tempe "yang biasa" atau menurut kami "rasa original", sampai dengan saat itu masih belum tersentuh inovasi, karena umumnya bumbu yang dipakai merupakan perpaduan daun jeruk purut, ketumbar dll. Sehingga kami, perlu melakukan inovasi dengan memperbanyak ragam bumbu daun yang dipakai keripik tempe, sehingga tidak hanya daun jeruk purut saja.

3) Hal lain yang menjadi alasan adalah karena salah satu teman pelaku usaha sejenis, mengatakan di media cetak pada tanggal 9 mei 2007 (A) bahwa produk kami tidak layak konsumsi, karena menggunakan seasoning powder. Tetapi pada tanggal 15 nov 2007 (B), beliau akhirnya membuat produk sejenis dengan melakukan pemesanan bahan seasoning. Sungguh ironis.
Pada saat berita di media cetak tersebut terpublikasi, banyak konsumen kami yang bertanya apakah benar produk kami tersebut tidak layak konsumsi. Akhirnya kami meminta konfirmasi kepada pihak suplier, tentang berita tersebut. Pihak suplier kemudian mengirimkan berbagai dokumen fotocopy sertifikat mulai dari lab yang menyatakan bahwa bahan yang dipakai adalah food grade (layak dikonsumsi) sampai dengan sertifikat halal.
Dari pihak kami selaku pelaku usaha yang berhubungan langsung dengan konsumen, juga melakukan inovasi dengan menganeka rasakan produk keripik tempe original dengan memakai bumbu daun-daunan yang mempunyai ciri khas rasa yang kuat, seperti daun bawang, daun kemangi, daun ketumbar, daun kucai, daun mint, daun pandan, daun petersely (parsley), daun prey, daun salam, daun seledri.

video

CAKE BEKATUL, oleh-oleh khas Malang yang bernilai gizi tinggi

Terinspirasi dengan maraknya pemberitaan tentang "padi supertoy", kami mencoba membuat cake/roti dengan bahan dasar bekatul/tepung mata beras(rice bran).
Menurut pemikiran saya, padi yang gagal tersebut daripada dibakar rame-rame seyogyanya bisa dimanfaatkan bekatulnya untuk diproses menjadi tepung.
Mengingat, kondisi bangsa saat ini sangat membutuhkan bahan makanan.
Sebab, kandungan gizi yang ada pada bekatul sangat banyak, antara lain :
kaya akan vitamin B, vitamin E, asam lemak esensial, serat pangan, protein, oryzanol, dan asam ferulat (gizi.net).
Saat ini varian rasa yang ada antara lain : keju, coklat, fruity, kismis.
Cake bekatul ini diolah dengan cara dioven, supaya kandungan airnya dapat diminimalisir, sehingga dapat lebih tahan lama.
Sebaliknya apabila dikukus, kandungan airnya akan lebih banyak.

PIE TEMPLE, makanan pemersatu kota Malang


http://www.youtube.com/watch?v=ZDZ6U0WDNy8

PIE TEMPLE adalah semacam kue pastry dimana kulitnya terbuat dari tepung tempe dan toppingnya memakai apel.Pie Temple ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Malang, karena kota Malang identik/terkenal dengan tempe dan apelnya.

BROWNIES TEMPE "BU NOER" pilihan oleh-oleh khas Malang


http://www.youtube.com/watch?v=Fc6VA5fHCEk

Brownies identik dengan roti bantat.
Teksturnya yang keras disebabkan karena tidak ada bahan tambahan atau obat-obatan seperti pengembang, emulsifier dan sebagainya.
Kalau teksturnya lunak/berongga biasa disebut Cake/Roti.
Inilah perbedaan antara Brownies dengan Cake, yang banyak tidak diketahui orang.
Kalau berkunjung ke kota Bandung, sekarang lagi booming yang namanya Brownies kukus.
Tetapi, kalau ke kota Malang, kami membuat Brownies Tempe.
Apa kelebihan/perbedaan Brownies Tempe dibanding dengan Brownies dari tepung terigu?
Tempe(kedelai yang telah difermentasi), mengandung zat protein yang tinggi. Sedangkan Tepung terigu mengandung zat glutelin/umumnya disebut gluten.
Adapun Brownies Tempe yang kami buat, dengan cara di oven. Kelebihannya, adalah kadar air yang terdapat dalam Brownies dapat diminimalisir sehingga lebih tahan lama/tidak mudah berjamur, dibandingkan dengan Brownies yang dikukus.
Berikut ini proses pembuatan BROWNIES TEMPE "BU NOER ANEKA RASA", yang merupakan pencipta pertama brownies tempe di kota Malang.

jual RASA, bukan jual NAMA, bukan jual NAMA SENTRA



dari hasil survey konsumen yang dilakukan oleh mahasiswa salah satu Perguruan Tinggi Negeri di kota Malang, dalam rangka penyusunan Tugas Akhir yang berjudul "Pengembangan Produk Untuk Meningkatkan Volume Penjualan di Perusahaan Kripik Tempe Aneka Rasa Bu Noer Malang", pada halaman 56 menyatakan sebagai berikut:

Konsumen yang diwawancarai kebanyakan telah menjadi pelanggan perusahaan selama bertahun-tahun. Konsumen atau pelanggan biasanya membeli keripik tempe di perusahaan ini dengan alasan :
Produknya enak (40%),
Pilihan variasi rasanya bermacam-macam (20%),
Harganya terjangkau (20%),
Produk berbeda dengan yang lain (10%)
Referensi dari teman / saudara (10%)








KRIPIK TEMPE ANEKA RASA "BU NOER", menggunakan bahan baku yang berkualitas. Salah satunya adalah minyak goreng yang dipakai.









berita di salah satu media massa, menyatakan bahwa banyak perajin keripik tempe di salah satu sentra industri tempe di kota Malang, menggunakan minyak jelantah untuk menggoreng keripik tempe.
KRIPIK TEMPE ANEKA RASA "BU NOER", tidak termasuk dalam pemberitaan tersebut. alasannya:
1. Tempat produksi & outlet Kripik tempe BU NOER, tidak berlokasi di sentra industri tempe tersebut. Lokasi Kripik tempe BU NOER berada di jalan Ciliwung, gang:2 / nomor:2, Malang.
2. Minyak goreng yang dipakai perusahaan kami, disuplai langsung dari produsen minyak goreng yang reputasinya tidak perlu diragukan.
nb: tulisan ini hanya sebagai klarifikasi dari pihak kripik tempe BU NOER, berkaitan dengan berita tersebut. Sebab, banyak konsumen kami yang terpengaruh berita tersebut. Tidak ada maksud & tujuan tertentu dari pihak kami.









KRIPIK TEMPE ANEKA RASA "BU NOER", mengolah / memproduksi sendiri bahan baku tempe.







KRIPIK TEMPE ANEKA RASA "BU NOER", tidak termasuk dalam pemberitaan tersebut. alasannya:
1. Perusahaan kami mengolah sendiri bahan baku tempe dengan menggunakan kedelai yang berkualitas tinggi.
2. Tempat produksi & outlet Kripik tempe BU NOER, tidak berlokasi di sentra industri tempe tersebut. Lokasi Kripik tempe BU NOER berada di jalan Ciliwung, gang:2 / nomor:2, Malang.
nb: tulisan ini hanya sebagai klarifikasi dari pihak kripik tempe BU NOER, berkaitan dengan berita tersebut. Sebab, banyak konsumen kami yang terpengaruh berita tersebut. Tidak ada maksud & tujuan tertentu dari pihak kami.

sejarah perusahaan KERIPIK TEMPE ANEKA RASA BU NOER


KERIPIK TEMPE ANEKA RASA BU NOER, mulai dirintis sekitar tahun 1993, sesuai dengan di Jl. Ciliwung II/2 Malang. Keripik tempe menjadi salah satu alternatif usaha. Hal ini disebabkan karena istri M. Noer mempunyai keahlian dalam bidang tersebut (Bumbu Rempeyek yang Menjelma Menjadi Rupiah, KOMPAS:2004).
Selain itu, beliau mempunyai keyakinan bahwa usaha keripik tempe ini akan berkembang, karena salah satu makanan khas kota Malang adalah tempe (From Kota Malang with Keripik Tempe, KOMPAS:2005).
Tidak berlangsung lama setelah merintis usaha ini, salah satu anggota keluarga mempunyai ide untuk membuat keripik tempe dengan aneka rasa. Meskipun hanya sebuah tempe yang merupakan makanan kaum pinggiran (Siapa Suruh Bermental Tempe, KOMPAS:2001), apabila diolah dengan baik dan penuh kreatifitas akan dapat menghasilkan rasa yang enak dan lain daripada yang lain, inilah yang mendasari ide penciptaan keripik tempe aneka rasa. Yang pada saat itu, umumnya keripik tempe hanya menggunakan bumbu tradisional. Sehingga produk keripik tempe aneka rasa yang kami ciptakan merupakan pelopor, yang pada saat ini banyak ditiru oleh pengusaha yang lainnya.
Dimulai dari rasa keju (seasoning), hingga sampai dengan saat ini telah berhasil menciptakan rasa-rasa yang lain, yaitu : Original, Keju (Cheese), Daging Panggang (Barbeque), Sambal Balado, Ayam Bawang, Udang, Pedas, Pizza, Burger, Spaghetti, Kebab, Rumput Laut (Seaweed), Jagung Bakar Manis (Sweet Roasted Corn), Jagung Bakar Pedas (Hot Roasted Corn), Jagung Bakar Coklat (Chocolate Roasted Corn), Bakso Malang, Ngo Hiong, dll. Berkat inovasi yang diciptakannya, usaha ini mengalami perkembangan yang pesat. (Bu Noer dan Inovasi Keripik Tempe, KOMPAS:2003).
Dari waktu ke waktu, produk yang kami hasilkan tidak hanya keripik tempe aneka rasa saja. Dengan berpegang pada motto “Produk Tradisional, Cita Rasa Internasional” (Tradisional Rasa Internasional, Malang Pagi:2006), maka produk yang dihasilkan kian beragam, antara lain : Aneka keripik buah, nangka, apel, semangka, melon, mangga manalagi, salak pondoh, pepaya, nanas, lengkeng, rambutan, jambu, belimbing, naga (Keripik Buah Naga ala Bu Noer, Koran Pendidikan:2007). Keripik aneka rasa lainnya seperti, singkong aneka rasa, kentang aneka rasa, talas aneka rasa, marning jagung aneka rasa, sambal goreng tempe bumbu original, bali, gule, kare, sambal goreng kentang bumbu balado teri, balado bakso, balado sosis.
Inovasi yang dilakukan pada tahun 2006, adalah menciptakan aneka kue & roti aneka rasa dengan mempadukan dengan bumbu seasoning. Dimana, umumnya kombinasi kue & roti adalah dengan menggunakan essence (perasa cair). Produk yang dihasilkan hingga saat ini adalah pia aneka rasa (pia barbeque, pia pizza, dll), brownies tempe, pie temple(tempe&apple), (Sisi Lain, Trans TV:2007). Produk tersebut akan bertambah seiring dengan permintaan konsumen (Keripik Tempe dan Kue Aneka Rasa Bu Noer, Jawa Pos:2006). Untuk keripik tempe, juga dilakukan inovasi dengan membuat keripik tempe dengan bumbu aneka daun(mint, petersely, kemangi, kucai, daun jeruk, daun bawang, dll), hal ini merupakan inovasi yang pertama, sebab dari dulu keripik tempe umumnya hanya menggunakan daun jeruk/jeruk purut (Reportase, Trans TV:2007).
Oleh karena dengan beragamnya produk yang tersedia di tempat kami, maka usaha kami menjadi salah satu tempat tujuan pariwisata khususnya bagi warga luar kota yang ingin mencari oleh-oleh makanan khas dari kota Malang (Jalan-jalan ke kota Malang, Tak Cuma Bakso yang Patut di Coba, SAJI:2004). Karena semua produk, sampai dengan keripik buah & aneka kue diproduksi di tempat kami, tidak sekedar berjualan saja, sehingga konsumen bisa melihat proses produksi secara langsung.
Inovasi tidak hanya sebatas produk saja, tetapi juga merambah ke sektor pemasaran (Perbaiki produksi & pemasaran, Istri menteri pertanian kunjungi kripik tempe BU NOER, MALANG POST:2007). Inovasi di bidang pemasaran adalah dengan meluncurkan armada “MOLEH” (Mobile Oleh-oleh) dengan menggunakan sepeda motor roda tiga yang unik. Hal ini ditujukan untuk melayani konsumen dengan sistem delivery, yang kebanyakan digunakan oleh konsumen yang sedang menginap di hotel karena mereka tidak sempat mampir ke outlet (Khusus Hotel disediakan Moleh, MALANG POST:2008)

KETERANGAN TAMBAHAN :


Sudah lama sekali saya mencari foto ini. Ini adalah foto kegiatan seminar "Sosialisasi HKI bagi UKM yang diselenggarakan